'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PENINGKATAN MUTU PENDIDIK PAUD LEWAT DIKLAT DEDIKASI
13 Januari 2017 05:55 WIB | dibaca 1116

 

 
PAUD yang berkualitas harus didukung oleh pendidik dan tenaga kependidikan (GTK) yang juga berkualitas dan kompeten, Pendidik PAUD adalah profesi yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pengasuhan dan perlindungan anak didik. Sehingga seorang pendidik PAUD seharusnya menjalankan tugasnya setelah kompetensi dan kualifikasi terpenuhi. 
 
Untuk mendukung upaya tersebut maka Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Bekasi memiliki rencana kerja prioritas berupa Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD yang kualitasnya disesuaikan dengan standar yang tercakup dalam Permendiknas No. 137 tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia.
 Majelis DIKDASMEN PDA Kab. Bekasi telah sukses melaksanakan diklat pendidik PAUD tingkat Dasar ++ selama 5 hari yang setara dengan 48 Jam pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Rabu sd Minggu,  tanggal 4 sd 8 Januari 2017 mulai pukul 08.00 sd 17.00 WIB di Aula Kantor PDM Kab. Bekasi yang beralamat di Metland Tambun. 
 
Peserta kegiatan diklat ini berjumlah 65 orang yang berasal dari pendidik PAUD di kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan  Kabupaten Karawang,  Sedangkan Narasumber yang hadir terdiri dari praktisi, Dosen dan juga Asesor BAN PAUD dan PNF Propinsi Jawa Barat. 
 
Materi yang disampaikan dalam diklat ini antara lain Kebijakan Direktorat GTK PAUD dan Dikmas, Kebijakan Direktorat PAUD,  Konsep Dasar PAUD, Perkembangan Anak Usia Dini, Bermain dan penataan lingkungan bermain, Cara Belajar AUD,  Perencanaan Pembelajaran Penilaian Perkembangan Anak,  Deteksi dini Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Kesehatan dan Gizi AUD,  Etika dan Karakter Pendidik AUD , Komunikasi dalam Pengasuhan dan Peer Teaching
 
Kegiatan diklat ini mendapatkan respon yang sangat positif baik dari pengurus PDA Kab Bekasi maupun dari PWA Jawa Barat dan PP Aisyiyah yang turut hadir dalam pembukaan kegiatan diklat ini. Selama 5 hari seluruh peserta juga semangat dan antusias mengikuti kegiatan ini karena para narasumber memberikan materi dengan jelas  dan diselingi dengan kegiatan ice breaker yang variatif sehingga peserta tidak jenuh dan tidak bosan.
 
Diklat ini dinamakan Diklat Dedikasi karena dilakukan secara mandiri dan swadaya dari peserta dan di dukung oleh BAZNAS dan LAZIZMU kab. Bekasi. Narasumber yang hadir berniat mendedikasikan diri memajukan pendidikan PAUD dan mereka tidak menerima honor karena ingin mengabdikan ilmu dan mendukung suksesnya kegiatan ini.
 
Setelah mengikuti kegiatan diklat ini seluruh peserta diharuskan melaksanakan tugas mandiri di lembaga PAUD selama 25 hari yang setara dengan 200 Jam pelajaran, tujuan dari tugas mandiri ini peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama 5 hari tersebut.
Sebagai tindaklanjut dari kegiatan diklat ini Majelis DIKDASMEN PDA Kab. Bekasi  akan melaksanakan kegiatan plus plus berikutnya dengan agenda sebagai berikut:
 
1.WORSKHOP  “CARA MUDAH MENYUSUN KTSP PAUD” 
Hari : Kamis – Jum’at, 
Tanggal : 19 – 20 Januari 2017  
Narasumber :  Irma Yuliantina M.Pd (Penyusun K-13 Pusat/Asesor BAN PAUD PNF)
Tempat : Aula Kantor PDM Kabupaten Bekasi 
HTM : Rp. 100.000
Fasilitas : Sertifikat, Makan siang, snack, Materi, Doorprice
 
2.WORKSHOP “MENJADI GURU PAUD KREATIF & INOVATIF MELALUI SENI”
Hari : Sabtu – Minggu
Tanggal : 4 dan 5 Pebruari 2017 
Materi : 
Mengajar seni musik untuk AUD 
Mengajar gerak dan lagu untuk AUD 
 
Narasumber:
Yudi Wahyu Widiana, M.Pd (Pencipta Lagu dan guru musik/Asesor BAN PAUD PNF)
Siti Aminah, S.PdI (Trainer Aerobic dan Senam/Asesor BAN PAUD PNF)
 
Majelis DIKDAMEN akan berupaya melaksanakan kegiatan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD secara berkesinambungan, sehingga diharapkan anak usia dini akan mendapat pendidikan yang layak dan berstandar. 
 
Reported by
Nurul Fahimah
Shared Post:
Berita Terkomentari